16 April 2008

JANGAN MEMBACA DI KENDARAAN

Jika anda sedang berpergian dengan kendaraan, baik mobil sendiri, bus, atau angkutan umum, sebaiknya tidak membaca sewaktu kendaraan bergerak. Mengaapa ?. Karena keadaan itu akan cepat melelahkan mata dan membuat anda pusing.
Soalnya untuk mendapatkan bayangan yang baik dari objek yang dilihat, mata mengatur sendiri otot-ototnya. Kerja otot makin keras apabila objeknya bergerak. Pupil mata akan melebar dan menyempit menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi pada objek bacaan yang bergetar. Akibatnya kontraksi otot pun makin cepat, Kerja yang keras ini akan makin berat apabila bacaannya juga memerlukan pemikiran yang serius.
Selain itu tubuh kita sendiri juga bergetar, meskipun gerakannya halus dan kita sendiri tidak menyadarinya. Jadi energi yang dibutuhkan lebih besar dari pada biasanya. Apabila di atas dialami dalam waktu yang cukup lama, maka tak pelak mata Anda terasa amat lelah.
Kalau soal pusing, itu karena adanya gangguan yang mempengaruhi keseimbangan tubuh akibat ransangan penglihatan yang disampaikan ke otak kurang sesuai. Impuls dari objek yang masuk otak suka salah karena mata berusaha menyesuaikan diri dengan getaran atau gerakan tubuh.
Seandainya Anda ingin sekali membaca dalam kendaraan, pilihlah bacaan yang ringan dan pendek saja. Namun yang terbaik, nikmati pemandangan disekitar perjalanan atau tidur sajalah.(SKM).

1 komentar:

  1. Kalau naik mobil sendiri terus nyopirin sendiri.... LALAU MEMBACA ya pasti berbahaya mas..... iso nabrak gito loh...

    BalasHapus

go to up and more to finish